Tuesday 17 October 2017

Teknik Budidaya Cabai Merah Keriting dalam Polybag

1
.      Persiapan dan Perlakuan Benih
            Benih cabai yang akan digunakan yaitu varietas benih cabai yang sudah dilakukan uji kompatibilitas dan yang bersimbiosis baik yaitu varietas TM 999. Benih cabai di rendam dengan air bersih selama 12 jam kemudian dikecambahkan selama 3-4 hari.
2.      Persemaian
            Setelah benih berkecambah, benih akan di pindahkan ke persemaian. Persemaian dilakukan didalam polibag persemaian yang telah dipersiapkan terlebih dahulu dengan media Andisol. Selama di persemaian dilakukan perawatan seperti penyiraman dan pengendalian OPT dengan pestisida nabati.
3.      Persiapan Media Tanam
            Media tanam terdiri dari Andisol yang telah di ayak dan pupuk organik diperoleh dari Desa Meunasah dayah. Campuran tanah dan pupuk organik diberikan sesuai perlakuan. Dosis untuk pupuk organik dan kotoran ayam yaitu 25 ton/ha (Asnawi dan Mulyanti, 2012) atau 250 gram/polibag. Campuran tanah dan masing-masing pupuk organik dimasukkan kedalam polibag ukuran 15 x 35 (cm).
4.      Penanaman
            Penanaman akan dilakukan pada saat tanaman cabai berumur 23 hari di persemaian. Sebelum dilakukan penanaman, media di siram air sampai kapasitas lapang. Penanaman akan dilakukan serentak dengan bibit yang seragam secara visual.

5.      Pemeliharaan
            Pemeliharaan meliputi penyiraman, pemupukan susulan menggunakan NPK Mutiara ΒΌ dosis yaitu 250 kg/ha atau 2,5 gram/polibag pada umur 30 hari setelah tanam, pengendalian OPT dengan cara fisis, mekanis dan pestisida nabati, pembuangan wiwilan, pemasangan ajir dan pengikatan
6.      Pemanenan
            Pemanenan dilakukan pada saat buah cabai berwarna merah dimulai pada umur 90 hari setelah penanaman. Pemanenan dilakukan dengan interval waktu 5 hari sekali.




3.5.      Pengamatan
            Adapun faktor-faktor yang akan diamati dalam penelitian ini meliputi:
1.      Tinggi Tanaman (cm)
Tinggi tanaman,dihitung pada umur 10, 30, 50 dan 70 HST.
2.      Jumlah Buah (buah)
            Jumlah buah cabai merah yang dipanen dicatat setiap 5 hari sekali untuk 8 kali       pemanenan.
3.      Bobot Buah (g)

Cabai yang akan di panen ditimbang beratnya selama 8kali panen dengan interval panen 5 hari sekali.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home