Wednesday 25 October 2017

Teknik Budidaya Bunga Kol Dalam Polybag

aPersiapan media tanam

Kompos serbuk kayu dicampur dengan tanah dengan perbandingan (1:1), (2:1), (3:1), (4:1), campuran media tanam kedalam polybag ukuran 15 x 35 cm. Persiapan media tanam dilakukan satu  minggu setelah benih tanaman bunga kol disemai.
bPersemaian benih

Benih disemai dalam polybag sebanyak 1 benih perlubang dengan kedalam 0,1 cm. Media penyemaian adalah campuran kompos serbuk kayu dengan tanah halus (2:1) disiram air sampai basah dan ditutup dengan daun kelapa kering selama 5 hari, 15  hari setelah semai benih bunga kol siap dipindahkan kedalam polybag berukuran 15 x 35 cm.
cPenanaman
Bibit yang berumur 15  hari setelah semai dipindahkan ke kedalam polybag berukuran       15 cm x 35 cm yang sudah terisi media tanam,bibit dikeluarkan dalam polybag semai         dengan cara menggunting polibag dan mengeluarkan bibit dengan hati-hati tanpa merusak akar.          
dPenyiraman
Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore. Penyiraman dihentikan jika terjadi curah hujan dengan intensitas yang tinggi.
ePemeliharaan
Pemeliharaan yang dilakukan adalah perawatan tanaman dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).
Penyulaman
Untuk tanaman bunga kol yang rusak ( tidak sehat ) atau yang mati harus diganti dengan tanaman baru atau yang lazim disebut penyulaman. Penyulaman dilakukan sampai tanaman berumur 2 MST.

gPenyiangan
penyiangan dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak akar tanaman. Penyiangan dihentikan pada akhir fase vegetatif.

hperempelan

Untuk tunas yang keluar dari cabang, dilakukan perempelan agar ukuran dan kualitas massa bunga dapat terbentuk optimal. Setelah massa bunga terbentuk, agar massa bunga ternaungi dari cahaya matahari, maka daun-daun tua diikat. Penaungan berfungsi untuk mempertahankan warna bunga kol agar tetap putih.

i.        Pemanenan


Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga kol kemudian dibungkus dengan kertas supaya tidak mengalami masalah dalam penanganan pasca panen.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home