Monday 12 February 2018

Efek samping lidah buaya ( Aloe Vera )

Menurut Muliyani.T (2010) selain lidah buaya ini mempunyai banyak manfaat, tetapi penting bagi anda untuk mengetahui tanaman ini juga mempenyai sebuah efek samping dengan beberapa ketentuan yang harus diketahui sebeleum memakainya, adapun efek sampingnya :
a.       Reaksi Alergi : Orang yang alergi terhadap bawang putih, bawang merah, bunga tulip, atau tanaman lain dari keluarga lily, harus menghindari lidah buaya. Penggunaanlidah buaya secara topikal atau oral bagi orang yang memiliki alergi terhadap lidah buaya dapat menyebabkan iritasi kulit, gatal-gatal, kram, dan diare. Salah satu cara sederhana untuk menguji apakah alergi terhadap lidah buaya atau lidak adalah dengan mengoleskan sedikit cairan lidah buaya murni dibelakang telinga. Untuk orang yang alergi terhadap lidah buaya, dianjurkan untuk selalu membaca label dari setiap produk yang digunakan, karena lidah buaya banyak terkandung dalam sejumlah besar produk perawatan kulit, makanan dan herbal, serta produk obat- obatan.
b.      Diare dan Keram : Jus daun lidah buaya mengandung aloe latex, yang dikenal sebagai pencahar. Lidah buaya bisa memicu timbulnya diare atau kram yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit berbahaya, bahkan meskipun digunakan hanya dalam beberapa hari, pada 5 november 2012, FDA ( BP Pom-nya Amerika) tidak merekomendasikan penggunaan lidah buaya sebagai obat pencahar. Sebagai oabat pencahar, lidah buaya bersifat adiktif dan memiliki efek negatif permanen pada kesehatan kilon yang bis mempemperparah sembelit (konstipasi).
c.       Kanker Kolorektal : Penggunaan lidah buaya secara oral untuk jangka waktu satu tahun lebih dapat menimbulkan resiko kanker kolorektal. Selain itu menurut penilitian genotoxicity menunjukan bahwa obat pencahar yang mengandung lidah buaya menimbulkan resiko kanker kolorektal bahkan meski digunakan sesui petunjuk. Menurut website florida, bakteri pseudomelanosis coli bisa timbul akibat penggunaan lidah buaya dalam jangka panjang, yang merupakan penyebab resiko kanker kolorektal.
d.      Ketidak Seimbangan Gula Darah : Mayo Clinic menyatakan bahwa lidah buaya yang dikosumsi secara oral memiliki kemampuan untuk ,menurunkan gula darah. Oleh karena itu, tidak boleh diambil oleh orang yang menderita diabetes kecuali di bawah pengawasaan tenaga kesehatan. Lidah bauaya memliki konrtraindikasi dengan obat-obatan seperti hypolycemics seprti insuline, diabeta, metformi, glyburide dan glipizide.

e.       Kematian : Menurut Mayo Clinic Website Florida, kematian akibat kerusakan ginjal dan diare berdarah yang parah dapat terjadi akibat dosis toksik lidah buaya. Mengonsumsi lidah buaya secara oral dengan konsentrasi 1 gram perhari atau lebih selama beberapa hari adalah dosis yang bisa mematikan

1 Comments:

At 21 November 2018 at 17:52 , Anonymous Anonymous said...

walaupun manfaat lidah buaya begitu besar, namun dalam penggunaannya harus bijak dan tidak berlebihan mengingat ada efek sampingnya juga.
efek samping lidah buaya

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home