Wednesday 25 October 2017

Syarat Tumbuh Tanaman bunga Kol

Syarat Tumbuh Tanaman bunga Kol
2.3.1.   Suhu
            bunga kol merupakan tanaman sayuran yang berasal dari daerah sub tropis. Kisaran temperatur optimum untuk pertumbuhan dan produksi sayuran ini antara 15 °C – 18 °C, dan maksimum 24 °C. Bunga kol termasuk tanaman yang sangat peka terhadap temperatur terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, terutama pada periode pembentukan bunga. Bila temperatur terlalu rendah, sering mengakibatkan terjadinya pembentukan bunga sebelum waktunya. Sebaliknya pada temperatur yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan tumbuhnya daun - daun kecil pada massa bunga (curd) (Pracaya, 2006).
2.3.2.   Kelembaban
             Kelembaban optimum bagi tanaman bunga kol antara 80 - 90%. Budidaya tanaman bunga kol juga dapat dilakukan di dataran rendah (0 - 200 m dpl) dan menengah (200 - 700 m dpl). Temperatur malam yang terlalu rendah menyebabkan terjadinya sedikit penundaan dalam pembentukan bunga dan umur panen yang lebih panjang. Tanaman tidak tahan terhadap curah hujan tinggi karena akan menyebabkan tanaman ini menjadi kekuningan. Curah hujan yang ideal untuk pertumbuhan bunga kol antara 1000 – 1500 cm per tahun (Dalmadi, 2010).
2.3.3.   pH Tanah
            Kemasaman tanah yang baik untuk tanaman bunga kol antara pH 5,5 - 6,5 serta mendapatkan sinar matahari penuh serta drainase yang lancar  apabila pH di bawah 5,0 pertumbuhan tanaman menjaditerganggu, terkadang tumbuh daun memanjang kecil yang biasa disebut ekor cambuk (Wahyudi, 2010).

            Menurut Pracaya (2006), Pada tanah- tanah yang masam (pH kurang dari 5,5), pertumbuhan bunga kol sering mengalami hambatan, mudah terserang penyakit akar bengkak atau “Clubroot” yang disebabkan oleh Cendawan Plasmodiophora brassicae Wor. Sebaliknya, pada tanah- tanah yang basa atau alkalis (pH lebih besar dari 6,5), tanaman bunga kol sering terserang penyakit kaki hitam (blackleg) akibat cendawan Phoma lingam. Tanah demikian perlu penanganan lebih dahulu, yakni dengan pengapuran pada tanah asam atau pemberian bubuk Belerang (S) untuk tanah basa.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home