Wednesday 15 November 2017

Cara Budidaya Semangka Hasil Melimpah

a.       

Persiapan dan Perlakuan Benih
     Benih semangka yang akan digunakan yaitu benih semangka varietas      Garnis. Benih semangka di rendam dengan air bersih selama 12 jam kemudian dikecambahkan dalam tisu, selama 2-3 hari benih didalam tisu sudah berkecambah, dengan ciri benih sudah mengeluarkan akar yang  dapat dilihat secara visual.
b.      Persemaian Benih
Benih disemai dalam polybag yang berukuran 10 x 15 cm, benih disemai sebanyak 1 benih perlubang dengan kedalam 0,1 cm. Media penyemaian adalah campuran pupuk organik  dengan tanah (1 : 2) disiram air sampai basah dan ditutup dengan daun kelapa kering selama 5 hari, 15  hari setelah semai benih semangka siap dipindahkan kemedia tanam dalam polybag berukuran 15 x 35 cm yang sudah terisi media tanam.
c.       Persiapan Media Tanam
 Media yang akan digunakan  pada penelitian saya menggunakan campuran tanah dengan pupuk organik PIM, dosis pupuk PIM organik digunakan sesuai faktor yang akan di uji yaitu plot pertama 0,3 kg/polybag, plot kedua 0,4 kg/polybag, plot ketiga 0,5 kg/polybag, plot keempat 0,75 kg/polybag dan plot kelima 1 kg/polybag. Campuran media tanam tersebut dimasukkan kedalam polybag yang berukuran 35 x 15 cm.
d.      Penanaman
Penanaman akan dilakukan pada saat tanaman semangka berumur 15 hari di  persemaian dengan ciri tanaman semangka sudah memiliki dua helaian daun. Sebelum dilakukan penanaman, media di siram air sampai kapasitas lapang (air yang tersedia). Penanaman akan dilakukan serentak dengan bibit yang seragam secara visual.
e.     Penyiraman
Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore. Penyiraman dihentikan jika terjadi curah hujan dengan intensitas yang tinggi.
f.        Pemeliharaan
Pemeliharaan yang dilakukan adalah perawatan tanaman dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).
g.       Pemangkasan
Untuk tunas yang keluar dari cabang, dilakukan perempelan agar ukuran dan kualitas dan ukuran buah semangka dapat terbentuk optimal.
h.       Pemanenan

            Pemanenan dilakukan pada saat buah semangka  berwarna agak gelap dimulai pada     umur 45 hari setelah penanaman. 

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home