Saturday 28 October 2017

Pupuk Hijau Daun Kelor

Peranan pupuk hijau daun kelor sebagai salah satu sumber bahan organik yang berasal dari tanaman atau bagian-bagian tanaman yang masih muda terutama tanaman yang termasuk famili Moringaceae. Tanaman yang termasuk famili Moringaceae ditegaskan dalam batasan ini bukan berarti bahwa tanaman jenis lainnya tidak bisa dijadikan pupuk hijau. Tanaman dari keluarga lainnya dapat digunakan, hanya sedikit menambah/meningkat unsur hara N. Tanaman yang termasuk famili Moringaceae telah umum digunakan sebagai pupuk hijau karena mempunyai kandungan N yang tinggi sekitar  3,01%, bahan Kering 22,1%, protein kasar 23,5 %, kalsium (Ca) 1,35 %, fosfor (P) 0,07 %, kalium (K) 2,12 % (Sutanto, 2002).     
          Mengenai penggunaan pupuk hijau daun kelor secara umum berpotensi meningkatkan pertumbuhan tanaman terutama cabai merah. Hasil terbaik yang dapat diperoleh pada penggunaan pupuk hijau daun kelor terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah adalah 6-8 ton per hektar (Jusuf, 2006).  
          Aplikasi pupuk hijau dilakukan dengan cara dibenamkan. Aplikasi dengan dibenamkan lebih efektif, karena dapat mengurangi terjadinya evaporasi pada bahan organik. Pembenaman pupuk hijau yang segar lebih baik dari pada pembenaman pupuk hijau yang dicabut beberapa hari sebelum waktunya dibenamkan. Bahan organik segar apabila dibenamkan ke dalam tanah maka bahan organik tersebut akan mengalami proses dekomposisi (Barus,2005).
          Aplikasi pupuk kandang ayam dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk buatan, pupuk kandang ayam juga mampu memperbaiki sifat fisik tanah, biologi dan kimia tanah. Penguraian bahan organik ini melepaskan unsur hara serta menghasilkan humus sehingga meningkatkan kapasitas tukar kation tanah serta mengurangi pelindian kation-kation Ca2+, Mg2+, K+ dan NH4+. Kebutuhan tanaman akan pupuk kandang tergantung pada kesuburan tanah, jenis pupuk kandang, dan iklim, tetapi umumnya tanaman cabai merah membutuhkan pupuk kandang 10-20 ton/ha (Melati dan Andriyani, 2005).         

          Peranan pupuk kandang ayam pada budidaya cabai merah mendapatkan hasil bahwa pemanfaatan jenis pupuk kandang ayam berpengaruh terhadap produksi tanaman cabai merah. Perlakuan pupuk kandang ayam memberikan hasil yang lebih baik terhadap produksi tanaman cabai merah dibandingkan jenis pupuk kandang kotoran kambing dan sapi. Pemberian kedua bahan organik juga berperan dalam memperbaiki sifat kimia tanah (Marlina, 2010).    

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home