Monday 16 October 2017

Morfologi Tanaman Bunga Kol

Morfologi tanaman bunga kol
2.2.1. Akar
    
     
Bunga kol memiliki akar tunggang dengan bulu akar yang tumbuh seperti akar serabut, akar tanaman bunga kol tumbuh tegak lurus ke dalam tanah,, menyebar dan dangkal (20 cm - 30 cm). Akar ini berfungsi menyerap air dan zat makanan dari dalam tanah, serta menguatkan berdirinya batang tanaman. Sistem perakaran yang dangkal itu membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam pada tanah yang gembur dan porous (Cahyono, 2001).
2.2.2.   Batang
           

Batang tanaman bunga kol tumbuh tegak dan pendek (sekitar 30 cm). Batang tersebut berwarna hijau, tebal, dan lunak namun cukup kuat dan batang tanaman ini berbentuk bulat, sedikit berkayu dan berbuku-buku dengan diameter berkisar antara 6,5-11,5 cm serta panjang batang berkisar antara 14, 5-20, 5 cm. Cabang lateral mirip batang utama tetapi berukuran lebih kecil dan apabila tidak dilakukan perempelan akan menghambat laju pembungaan (Fitriani, 2009).

2.2.3. Daun
          
Daun bunga kol menurut Cahyono (2001) berbentuk bulat telur (oval)dengan bagian tepi daun bergerigi, agak panjang seperti daun tembakau danmembentuk celah - celah yang menyirip agak melengkung ke dalam, daun bunga kol berwarna hijau dan tumbuh berselang -seling pada batang tanaman. Daun memiliki tangkai yang agak panjang dengan pangkal daun yang menebal dan lunak. Daun – daun yang tumbuh pada pucuk batang sebelum massa bunga tersebut berukuran kecil dan melengkung ke dalam melindungi bunga yang sedang atau mulai tumbuh.
2.2.4. Bunga
       
  
Massa bunga (curd) terdiri dari bakal bunga yang belum mekar, tersusun atas lebih dari 5.000 kuntum bunga dengan tangkai pendek, sehingga tampak membulat padat dan tebal berwarna putih bersih atau putih kekuning–kuningan. Diameter massa bunga kol dapat mencapai lebih dari 20 cm dan memiliki berat antara 0,5 kg – 1,3 kg, tergantung varietas dan kecocokan tempat tanam (Pracaya, 2006).
2.2.5. Buah dan Biji
          Tanaman kubis bunga dapat menghasilkan buah yang mengandung banyak biji. Buah tersebut terbentuk dari hasil penyerbukan bunga yang terjadi karena penyerbukan sendiri ataupun penyerbukan silang dengan bantuan serangga lebah madu. Buah berbentuk polong, berukuran kecil dan ramping, dengan panjang antara 3 cm – 5 cm. Didalam buah tersebut terdapat biji berbentuk bulat kecil, berwarna coklat kehitam -hitaman. Biji–biji tersebut dapat dipergunakan sebagai benih perbanyakan tanaman (Cahyono, 2001).


2 Comments:

At 16 October 2017 at 09:07 , Blogger Unknown said...

sangat membantu

 
At 17 October 2017 at 10:27 , Blogger omarboston said...

keren

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home